Rabu, 29 April 2015

Brongkos Jogja

Datang ke suatu tempat rasanya sayang banget kalau tidak mencicipi kuliner yang enak dan terkenal di sekitar tempat itu. Nah, setelah melihat keindahan dan kemegahan Candi Borobudur, saya, Iwan Seti dan teman kami, menikmati makan siang nasi brongkos di Warung Ijo "Mbak Prih". Lokasinya ada di jalan Magelang Km 17, Ngebong, Margerejo, Tempel, Sleman, Jogjakarta (panjang ya alamatnya, hehe). Tempat ini sangat direkomendasikan lho oleh teman-teman kami yang ada di Jogja.

Awalnya, saya nggak tau apa itu brongkos. Teman-teman di Jogja lah yang menyarankan kami untuk mencoba menu khas Jogja ini. Brongkos adalah makanan khas Jogja selain Gudeg. Mereka bilang, ini sejenis makanan yang mirip rawon tapi kuahnya sedikit. "Rawon?", pikir saya. Itu mah biasa, di Surabaya banyak. Apalagi ibu saya sering masak rawon ;)

Tetapi, setelah saya mencoba mencicipi brongkos di Warung Ijo "Mbak Prih" di Jogja ini, ternyata keenakannya lebih dari sekedar rawon biasa. Saya suka banget. Sampai-sampai saya berencana nambah satu porsi lagi. Tapi karena sangat kenyang, akhirnya nggak jadi, deh ;P

Menurut saya, rasa enak yang ada pada brongkos ini ada pada rempah-rempahnya. Karena kuahnya sedikit, rempah-rempahnya jadi lebih kental dan berasa. Memang ini selera, sih. Salah satu teman kami yang dari Jakarta lebih suka dengan rawon khas Surabaya karena kuahnya banyak dan itu yang membuatnya segar.
Menu spesial di tempat ini adalah memang Nasi Brongkos. Nasi Brongkos sendiri ada dua macam di sini, yaitu Brongkos Daging Sapi dan Brongkos Tahu Tolo. Menu yang lain, ada Sop Ayam Kampung, Sop Iga Sapi, Krecek Kentang, Pecel Sayuran, Empal Daging Sapi, Ayam Goreng, Bebek Goreng, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan minumannya, ada Teh, Tape, Jeruk, Temulawak, Susu, Kopi, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan view yang segar dengan hijaunya pemandangan, langsung saja masuk agak dalam. Nah, di sana kita bisa menikmati semilir angin dan hijaunya daun yang ada di sekitar restauran. 
Mau liburan ke Jogja? Jangan lupa mampir ke sini. Brongkosnya, enak. Selamat menikmati :)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar